Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Madrasah Al-Arabiyah (MA) Bayang, Pesisir Selatan belajar soal pengembangan program studi (prodi) perbankan Syariah dan lembaga jaminan mutu ke STAIN Bukittinggi Selasa kemarin.

Studi banding bagi STAI MA Bayang, Pesisir Selatan itu untuk merespons perkembangan ekonomi Syariah dan lembaga keuangan syariah di Indonesia, khusus Sumatera Barat, menyusul akan dilakukannya pengembangan prodi tahun akademik 2012 ini, diantaranya Bimbingan Konseling dan Perbankan Syariah.

Ketua STAI MA Bayang, Yufrizal mengatakan, studi banding ini mencari informasi tentang pengembangan prodi perbankan Syariah dan lembaga jaminan mutu. Terlihat bersama rombongan STAI MA, Syafrizal, (Puket III), Syamsi Yusrizal (dosen) dan Doni Efrianto (staf administrasi).

Yufrizal yang juga pimpinan rombongan tersebut mengatakan, perguruan tinggi yang dipimpinnya mendapat dukungan dana dari Kuwait. Bantuan yang terima selama ini, digunakan untuk menyiapkan sarana fisik gedung perkuliahan bagi mahasiswa. Namun ini diikuti dengan mengembangkan prodi.

Sementara dari pihak STAIN M Jamil Jambek Bukittinggi, Novi Hendri, pembantu ketua II menyatakan bahwa pihak kampus menyambut gembira kunjungan pimpinan STAI MA Bayang tersebut. “Sebagai lembaga pendidikan, kita harus merespons kebutuhan stake holder dan mempersiapkan lulusan yang siap pakai di masyarakat,” kata Novi Hendri.

STAIN Bukittinggi akan membantu pengembangan prodi yang dilakukan pihak STAI MA Bayang tersebut, yang nantinya akan dituangkan dalam MoU.

Selain itu, kegiatan penelitian-penelitian dan kegiatan pemberdayaan masyarakat juga dapat dilakukan secara bersama-sama sebagaimana amanat tridharma perguruan tinggi.

Di tempat terpisah, Ketua Program DIII Perbankan, Asya’ari, didampingi Humas STAIN Bukittinggi, M Taufiq, menyebutkan, bahwa STAIN Bukittinggi, pada bulan Januari 2012 juga telah menerima kunjungan pimpinan STAI Solok, dalam rangka mempelajari Program DIII Perbankan dan Metoda Magang di berbagai lembaga keuangan syariah.

“Insya Allah, awal Maret tahun ini, STAIN Bukittinggi juga akan dikunjungi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bangkinang, Riau, juga dalam rangka pengembangan prodi Ekonomi Syariah,”jelas Asya’ri.