SEPANG – Biasanya, Yamaha menargetkan naik podium acap kali ajang MotoGP bergulir. Kini, tanpa kehadiran pembalap utama Jorge Lorenzo, dan belum sembuhnya Ben Spies, Yamaha mencoba realistis menghadapi MotoGP Malaysia, akhir pekan ini.

Lorenzo sendiri dipastikan tidak dapat mengikuti balapan, setelah jari tangannya mengalami cedera saat mengikuti sesi warm-up MotoGP Australia. Kini, Yamaha menggantikan posisinya dengan pembalap tester Katsuyuki Nakasuga.

Sementara itu, Spies memang sudah diperbolehkan untuk mengikuti lomba di Sirkuit Sepang, setelah mengalami kecelakaan di Phillip Island. Kendati demikian, kondisi mantan juara World Superbike itu dipastikan tidak akan 100 persen.

Praktis, dengan mengandalkan pembalap ujicoba Nakasuga, manajer tim Wilco Zeelenberg mencoba untuk realistis menghadapi balapan MotoGP Malaysia. “Target kami perlu disesuaikan untuk balapan kali ini,” demikian kata Zeelenberg.

“Biasanya kami memang menargetkan podium, tapi hal itu sangat tidak realistis untuk balapan Minggu besok. Kami harus melihat bagaimana cara Nakasuga balapan. Kami tahu catatan terbaiknya di sini adalah 2’02.4 detik, yang mana itu tidak terlalu buruk,” lanjutnya.

“Ini akan menjadi balapan perdananya, jadi ini akan menjadi pengalaman baru buatnya. Cengkraman tidak akan terlalu kuat setelah hujan turun di sini, jadi kami hanya berharap Nakasuga bisa tetap seimbang dan ingat kami memiliki empat kali latihan lagi,” tambanya.

“Nakasuga memiliki kebebasan untuk menggeber motor hingga maksimal. Kami hanya ingin dia merasa nyaman selama lomba dan tidak memperlakukan balapan besok seperti ujicoba,” pungkas Zeelenberg dilansir Autosport, Kamis (20/10/2011).
(hmr)

sumber : okezone